Keuntungan Menggunakan Dompet Digital

Umumnya, orang menyimpan uang di dalam rumah atau di bank. Itu memungkinkan orang untuk menerima, mengirim dan menyimpan uang secara aman. Namun, kini ada cara lain yang mungkin bisa dibilang lebih praktis, yaitu menyimpan uang di dalam dompet digital.

Dompet digital sangat bermanfaat bagi orang yang tidak mempunyai rekening di bank. Syarat untuk menggunakannya hanyalah harus punya handphone sebagai alat untuk menginstal aplikasi dompet digital.

Sekarang telah banyak beredar aplikasi dompet digital dengan fitur-fitur yang lengkap. Ada Dana, OVO, LinkAja, Shopeepay, Gopay, dll. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android dan Apple.

Apa keuntungan menggunakan dompet digital dibanding mempunyai rekening di bank? Keterangan di bawah ini hanya sebagai referensi. Bagi orang yang masih belum punya rekening di bank, dompet digital bisa dijadikan alternatif untuk mengelola keuangan.

Berikut ini keuntungan menggunakan dompet digital:

1. Tidak perlu menggunakan uang cash.
Untuk melakukan pembayaran di toko offline, tidak perlu mengeluarkan uang cash yang merepotkan. Hanya dengan scan kode QRIS, transaksi akan selesai dalam beberapa detik. Jadi bisa menghindari kelusuhan uang. Terlebih di masa pandemi. Pertukaran uang kertas dan logam dari tangan satu ke tangan lain bisa menyebabkan uang mudah rusak, bisa menularkan berbagai penyakit walaupun itu sangat kecil kemungkinannya.

2. Bisa mengambil uang cash walaupun tidak punya kartu ATM.
Dana/uang di dalam aplikasi dompet digital bisa diambil secara tunai. Untuk melakukannya bisa menggunakan perantara jasa yaitu minimarket atau pegadaian. Bisa juga diambil di mesin ATM dengan memanfaatkan fitur NFC di dalam handphone.

3. Menghindari riba.
Jika mempunyai tabungan atau deposito di bank konvensional, ada kemungkinan menerima riba. Itu karena setiap tabungan di bank akan mendapatkan bunga. Sedang menyimpan uang di dalam dompet digital, tidak akan mendapat bunga atau bagi hasil.

4. Tidak ada biaya administrasi.
Jika bank konvensional menetapkan biaya administrasi setiap bulannya, dompet digital tidak memberlakukan hal tsb. Demikian juga jika akun tidak pernah digunakan untuk bertransaksi, tidak akan ada denda. Lain halnya dengan tabungan konvensional. Jika tabungan pasif selama berbulan-bulan, akan dikenai biaya dormant yang mungkin agak menjengkelkan.

5. Dilengkapi dengan berbagai fitur.
Selain untuk menyimpan, menerima dan mengirim dana, aplikasi dompet digital juga dilengkapi dengan fitur-fitur, antara lain bisa untuk membeli pulsa, membeli token PLN, membayar tagihan, membayar zakat, infaq, bahkan bisa melakukan transfer ke berbagai bank. Menariknya lagi, biaya transfer itu sangat minim bila dibandingkan dengan transfer langsung dari rekening bank.

6. Dilengkapi dengan sistem keamanan.
Setiap transaksi yang dilakukan di dalam aplikasi digital sudah diproteksi, sehingga tidak perlu takut jika data pengguna akan tercuri. Tetapi pengguna tetap harus hati-hati, tidak sembarangan meletakkan dan membawa handphone, juga harus senantiasa menjaga kerahasiaan PIN, OTP atau password.

Cara mengisi dana ke dompet digital bisa melalui berbagai cara. Bisa melalui transfer bank, minimarket atau membeli saldo ke web online yang menjual saldo e-money.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar