Lakukan 7 Hal Ini Agar Malaikat Senang Datang ke Rumah

Rumah yang diidam-idamkan setiap orang tentu rumah yang megah, indah, membuat betah dan nyaman. Tetapi ada kalanya rumah yang besar dan megah tidak membawa kenyamanan dan keberkahan bagi penghuninya, sebaliknya membawa masalah, pertengkaran, hawa panas dan aura yang tidak baik.

Sebaliknya ada rumah yang tidak terlalu besar, tidak ada banyak harta di dalamnya, tapi bahagia penghuninya, banyak rezekinya, orang pun senang datang bertamu. Bukan hanya orang, tapi malaikat pun senang masuk ke dalamnya.

Malaikat yang dimaksud di sini adalah malaikat rahmat. Malaikat rahmat yang datang ke rumah seseorang tentunya memberikan rahmat, memintakan ampunan dan membagikan rezeki sesuai ketentuan Allah.

Jika kita ingin rumah kita selalu didatangi malaikat rahmat, lakukan 7 hal berikut ini:

1. Jaga kebersihan rumah.
Meskipun rumah kecil, tidak mewah, asalkan bersih dan rapi, pasti akan membuat betah orang yang tinggal di dalamnya. Rumah yang selalu dijaga kebersihannya juga akan membuat tenang dan nyaman, terutama bila digunakan untuk beribadah.

Ada kata-kata mutiara Islami yang indah, bunyinya:
"Kebersihan adalah sebagian dari iman."

Kata-kata mutiara itu pasti akan mengingatkan seseorang untuk senantiasa menjaga kebersihan. Bila kita beriman, pasti akan selalu menjaga kebersihan, tidak terkecuali kebersihan rumah.

2. Jaga kebersihan kamar mandi dan WC.
Setan dan jin paling senang tinggal di dalam ruangan yang gelap, kotor, berbau dan juga pada air yang menggenang (tidak mengalir). Di antara ruangan di dalam rumah yang paling sensitif tentunya kamar mandi dan WC. Ruangan tersebut harus senantiasa dibersihkan, diberi wewangian dan bila perlu diberi penerangan lampu sepanjang malam.

Jika kamar mandi dan WC tidak pernah dirawat dan dibersihkan, setan dan jin akan menjadikannya sebagai rumah baru mereka. Jika sudah begitu, bukannya mengundang malaikat datang, malah mengundang setan.

3. Lakukan sholat dan dzikir di setiap ruangan di dalam rumah.
Bila melakukan sholat di rumah, usahakan jangan hanya di satu ruangan, tapi jelajahilah setiap sudut ruangan. Hal itu untuk menjaga agar tidak ada satu pun sudut ruangan di rumah yang menjadi jalan masuk atau tempat tinggal setan dan jin. Dengan menjadikan setiap ruangan rumah untuk beribadah, malaikat akan senang datang dari pintu mana saja.

4. Biasakan membaca Al Quran di dalam rumah.
Malaikat paling senang mendengarkan bacaan Al Quran. Jika ada orang membaca Al Quran, malaikat akan mendekat ke sampingnya dan mendengarkan bacaan itu hingga selesai.

Rumah yang selalu digunakan untuk membaca Al Quran juga akan tampak bersinar. Perumpamaan rumah yang tidak pernah dibacakan Al Quran adalah seperti kuburan, tidak bercahaya, suram dan menakutkan.

Ada ayat di dalam Hadits yang menceritakan bahwa: dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Janganlah kamu menjadikan rumahmu (seperti) kuburan (dengan tidak pernah mengerjakan shalat dan membaca al-Quran di dalamnya) karena setan akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al-Baqarah" (HR. Muslim no.1860).

5. Singkirkan benda-benda yang membuat malaikat enggan masuk ke rumah.
Apa yang disukai setan, tidak disukai oleh malaikat. Benda-benda seperti patung, boneka, guci, gambar makhluk hidup, adalah media yang sering digunakan oleh setan dan jin untuk menempatkan diri mereka. Mereka senang bersarang di dalam benda-benda tersebut. Sebaliknya, malaikat tidak mau masuk ke rumah yang di dalamnya ada patung.

Ada ayat di dalam Hadits yang menjelaskan bahwa Rasulullah bersabda:
"Sesungguhnya malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar (patung)".

6. Biasakan sholat malam.
Di sepertiga malam, malaikat akan mencari orang-orang yang melakukan sholat malam, lalu turun dan mengaminkan doa mereka. Jika begini, alangkah indahnya bila kita bisa sholat qiyamul lail setiap malam. Pasti malaikat akan senantiasa datang dan mengaminkan permohonan kita kepada Allah.

7. Tidak memelihara anjing di dalam rumah.
Anjing adalah hewan yang menyerupai setan dan bisa melihat setan. Di tubuhnya menempel najis, sehingga umat Islam dilarang memeliharanya jika tujuannya menyalahi syariat.

Suatu riwayat menceritakan bahwa Rasulullah sedang mengadakan perjanjian dengan malaikat Jibril. Tapi malam itu malaikat Jibril datang terlambat. Ketika Jibril datang, Rasulullah bertanya:
"Mengapa engkau terlambat?"
Jibril menjawab: "Karena tadi di rumahmu ada anjing. Ketahuilah, kami tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar (patung)" (Hadits Riwayat Muslim).

Apapun itu, baik rumah pribadi, rumah kontrakan, rumah sewa, rumah sepetak atau rumah gedong, jangan hanya digunakan sebagai tempat tinggal saja, tapi gunakanlah untuk hal-hal yang baik. InsyaAllah rumah akan dipenuhi keberkahan.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar