5 Manfaat Merantau

Mungkin di antara sobat sekarang sedang bekerja di luar kota, di luar pulau atau bahkan di luar negara. Bagaimana rasanya? Apakah enak, bahagia, susah atau senang? Semua itu pasti dialami oleh semua orang yang merantau ya? Apapun yang terjadi, sobat harus terus di perantauan, apalagi ketika sudah menandatangani sebuah kontrak kerja di sebuah perusahaan yang jauh dari kota asal.

Tujuan merantau mungkin berbeda dari tiap orang. Yang paling banyak tentu ingin merubah nasib, karena hidup di daerah sendiri tidak menghasilkan sesuatu yang lebih. Itu pasti boleh-boleh saja. Tapi, tanpa disadari sebenarnya banyak manfaat yang diambil ketika seseorang merantau. Menjadi anak perantauan, membuat seseorang memiliki banyak pembelajaran.

Berikut ini kita akan mengurai 5 manfaat dari merantau:

1. Memiliki banyak teman.
Saat merantau, seseorang pasti akan memiliki banyak teman. Semua teman ini senasib, sama-sama perantau. Karena senasib itulah antar teman akan saling mengerti. Jika satu teman kesusahan, yang lain akan menolong. Dibanding dengan saudara sendiri, teman di perantauan lebih mengerti. Rasa empatinya lebih tinggi. Prinsip orang merantau adalah, dimanapun tempat yang kita tinggali, orang-orang di sekitar kita adalah saudara kita.

2. Lebih menghormati dan menghargai orang lain.
Bergaul dengan orang-orang dari berbagai suku, bangsa, dan memiliki bermacam sifat serta karakter, membuat seseorang harus belajar beradaptasi dan bertoleransi. Dengan itu ia akan lebih menghargai perbedaan dan tidak egois. Ia akan menjadi pribadi yang selalu menghormati dan menghargai orang lain.

3. Menjadi orang yang selalu bersyukur.
Sedikit atau banyak gaji yang diterima dari kerja di perantauan, pasti akan digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Anak perantauan harus membelanjakan uang dengan cermat. Berapa untuk makan, berapa untuk bayar kontrakan, berapa untuk jajan, berapa untuk ditabung. Semua pasti ada perhitungannya. Dia akan lebih menghargai uang, lebih menghargai hasil jerih payah sendiri.

4. Menjadi orang yang mandiri.
Saat merantau, pasti akan menemui banyak sekali tantangan dan masalah. Di sinilah seseorang dituntut untuk bisa menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri. Setiap perjuangan yang dilakukan akan memupuk keberanian. Dia akan menjadi orang yang tidak takut menghadapi masalah. Tidak takut menghadapi cobaan. Dia akan lebih survive, lebih tahu bagaimana mempertahankan hidup. Saat merantau, orang akan merasa bahwa inilah hidup yang sesungguhnya.

5. Lebih mudah mencari rejeki.
Tahukah sobat? Merantau membuat kita lebih sukses. Rejeki akan mengalir dari mana saja. Karena semakin besar tantangan dan cobaan yang dihadapi, semakin besar pula hasil yang didapat. Beda dengan orang yang selalu hidup berdekatan dengan orangtua, apa-apa sudah tersedia, akhirnya dia menjadi pasif. Hasil yang didapat pun sekedar cukup untuk dirinya saja.

Jadi bagaimana, sobat? Tertarik untuk merantau? Jangan sekedar coba-coba ya, tapi niatkan merantau dengan tujuan yang baik. Jika akan merantau, jangan lupa membentengi diri dengan iman yang kuat. Di depan sana banyak sekali godaan.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar