Cara Mengobati Ketombe dan Gatal di Kulit Kepala

Gatal di kulit kepala bisa disebabkan karena kulit kepala yang berkeringat atau adanya ketombe. Sedang ketombe penyebabnya adalah sel-sel kulit mati yang mengelupas. Bila rambut terlalu kotor, akan cepat menimbulkan ketombe. Begitu juga jika kulit kepala terlalu berminyak, akan cepat merangsang timbulnya ketombe.

Jika anda sering mengalami gatal-gatal di kulit kepala, atau punya ketombe yang membandel, di sini ada solusi yang bisa dicoba. Kita tetap menggunakan pengobatan alami untuk menyingkirkan masalah pada rambut.

Cara mengobati ketombe dan gatal-gatal di kulit kepala, bisa menggunakan air perasan jeruk nipis dicampur dengan minyak zaitun. Berikut ini caranya:

1. Ambil satu buah jeruk nipis agak besar, lalu potong menjadi 4 bagian. Peras hingga keluar airnya.

2. Ambil satu sendok makan minyak zaitun, lalu campurkan ke dalam air perasan jeruk nipis. Aduk-aduk walaupun tidak bisa tercampur rata.

3. Oleskan campuran air perasan jeruk nipis dan minyak zaitun tadi ke kulit kepala. Untuk detailnya, pakailah sisir untuk menguak rambut agar kulit kepala kelihatan, lalu ambil kapas atau cotton bath. Celupkan ujung kapas atau cotton bath tadi ke dalam campuran air jeruk nipis dan minyak zaitun. Setelah basah, titiskan dan oleskan ramuan itu ke kulit kepala sambil ditekan-tekan. Untuk kulit kepala bagian belakang, mintalah bantuan orang lain untuk melakukannya, atau anda bisa melakukannya dengan bantuan cermin.

Usahakan untuk memberikan ramuan tadi ke seluruh bagian kulit kepala hingga merata. Jangan terkejut jika kulit kepala terasa perih, karena efek dari air perasan jeruk nipis. Tapi itu tidak akan berdampak buruk.

Jika sudah selesai mengoleskan campuran air perasan jeruk nipis dan minyak zaitun, bungkuslah rambut dengan handuk kecil dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu baru dikeramas.

Lakukan pengobatan tadi minimal 2 kali seminggu dan rasakan perbedaannya. Rambut akan terbebas dari gatal-gatal, dan ketombe pun berkurang. Kulit kepala juga menjadi bersih dan segar. Rambut terasa ringan, mekar dan tidak lepek.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar