Apa Saja Hal yang Merugikan dari Bitcoin?

Mungkin anda sudah membaca artikel saya yang mengulas tentang peluang Bitcoin sebagai alat investasi yang menguntungkan. Memang benar. Investasi Bitcoin untuk saat ini menjadi investasi yang paling menguntungkan, karena harga Bitcoin terus meningkat.

Tapi banyak pula kerugian jika kita menggunakan Bitcoin, terutama untuk transaksi jual beli. Di antaranya adalah biaya kirim yang tidak mungkin gratis.

Banyak situs mengatakan bahwa transaksi kirim dan terima Bitcoin bisa dilakukan dengan gratis, tapi itu ternyata omong kosong. Penggunaan Bitcoin yang terus meningkat di seluruh dunia, menyebabkan mempool yang berisi unconfirmed transaction sering meningkat dan penuh sesak. Sedang transaksi Bitcoin itu berukuran dalam bytes, dan seberapa cepat transaksi terkonfirmasi (sampai ke tempat tujuan) ditentukan oleh seberapa besar biaya per bytes-nya.

Jika pengguna mengirim Bitcoin dengan biaya kirim yang rendah, Bitcoin baru akan sampai dalam beberapa hari. Jika Bitcoin dikirim tanpa biaya, itu sebenarnya bukan benar-benar tanpa biaya, melainkan biayanya ditanggung oleh situs wallet. Tapi berapa banyak situs wallet yang menerapkan sistem seperti itu? Mungkin hanya satu dua. Karena ternyata dengan menanggung biaya kirim, situs wallet menderita kerugian. Akhirnya mereka merubah sistem yang semula menerapkan biaya kirim gratis, menjadi berbayar.

Ada pula situs wallet yang menerapkan metode biaya kirim dengan berbagai level. Misalnya level high untuk pengiriman Bitcoin dengan cepat dan dengan biaya kirim yang tinggi, lalu level medium untuk yang sedang, dan level low untuk pengiriman Bitcoin dengan biaya kirim yang rendah. Kerugian menggunakan metode seperti itu adalah kita tidak bisa menentukan sendiri biaya kirimnya. Alhasil, menyebabkan biaya kirim menjadi lebih tinggi daripada dana yang dikirim.

Bukan hanya biaya kirim yang sangat tinggi untuk saat ini, tapi sekarang ada situs wallet yang membebankan biaya pada pengguna ketika menerima Bitcoin. Jika anda melakukan deposit Bitcoin dalam jumlah sedikit (kurang atau hanya lebih sedikit dari biaya terima), maka sudah pasti anda tidak akan menerima Bitcoin anda karena sudah habis dikurangi untuk biaya terima.

Kerugian selanjutnya adalah alamat wallet Bitcoin yang bisa berubah-ubah. Kalau anda deposit Bitcoin ke alamat wallet yang ditentukan pada awal, tapi tiba-tiba alamat wallet berubah, maka Bitcoin tidak akan masuk ke akun. Lalu apakah Bitcoin itu hilang atau pergi ke mana?

Sebenarnya, Bitcoin yang dikirim ke alamat wallet yang awal itu sampai ke server wallet, tapi karena alamat wallet pengguna berubah, maka Bitcoin itu tidak masuk ke akun pengguna. Jika sudah begitu, maka Bitcoin itu menjadi milik si pemilik situs wallet atau bisa jadi telah diambil oleh pembobol.

Maka berhati-hatilah untuk pengguna wallet Bitcoin. Jika alamat wallet berubah-ubah, sebaiknya akun itu jangan digunakan untuk transaksi penerimaan yang sifatnya teratur dan dalam jangka waktu lama. Karena bisa jadi penghasilan anda tidak masuk ke akun gara-gara alamat wallet berubah tanpa sepengetahuan anda. Kalau sudah begini, yang akan menikmati Bitcoin anda adalah sang pemilik situs wallet.

Lagi, semakin ke sini, harga Bitcoin semakin menanjak, dan cara memperolehnya semakin sulit. Berbagai situs PTC yang semula senang membayar anggotanya dengan Bitcoin, semakin bangkrut. Nilai penghasilan yang diberikan ke anggota tidak sesuai dengan kuota internet yang dihabiskan anggota untuk klik iklan. Belum lagi situs-situs lain seperti situs mining, situs investasi, situs HYIP, kebanyakan mereka adalah scammer. Karena nilai Bitcoin yang menggiurkan, orang berlomba-lomba mencarinya dengan cara menipu.

Soal keamanan situs wallet, juga belum memuaskan. Saya pernah login ke akun situs wallet menggunakan koneksi internet yang lambat. Setelah berhasil login, saya tidak melihat akun saya, tapi malah masuk ke akun orang lain. Baru setelah me-refresh dengan menggunakan koneksi internet yang lancar, akun saya terlihat.

Sekarang bagaimana cara menggunakan, memperoleh dan menyimpan Bitcoin yang aman dan menguntungkan? Alternatifnya adalah membeli Bitcoin saat harga rendah, lalu menyimpan Bitcoin itu di akun wallet hingga beberapa lama. Setelah harga Bitcoin naik, jual saja Bitcoin itu. Daripada ikut investasi Bitcoin ke berbagai situs yang ternyata menipu, atau ikut bisnis PTC yang tidak menghasilkan, atau ikut situs faucet yang tidak membayar, alternatifnya adalah menginvestasikan sejumlah uang untuk dibelikan Bitcoin.

Ketika ingin menggunakan situs wallet, pilihlah situs wallet yang menerapkan keamanan tingkat tinggi dan tidak mempunyai akses ke private key. Bila memungkinkan, pilihlah situs wallet yang bisa langsung mengkonversi Bitcoin ke mata uang lokal, serta bisa mengirim uang hasil konversi tersebut ke bank lokal milik pengguna.

Jika anda tidak paham, merasa khawatir, merasa tidak cocok dan tidak ingin berhubungan dengan Bitcoin, ya jauhi saja Bitcoin. Itu adalah cara yang paling aman.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar