Cara Mengobati Tenggorokan Gatal dan Batuk

Tenggorokan gatal adalah biangnya batuk. Biasanya terjadi karena cuaca yang tidak menentu. Selain itu juga karena lingkungan yang berdebu, atau terlalu banyak makan makanan berminyak atau ngemil makanan yang mengandung pemanis buatan.

Jika tenggorokan gatal itu dibiarkan, lama-lama akan menjadi batuk. Kalau sudah batuk, dada akan terasa sesak, nafas menjadi susah dan tenggorokan seperti dikilik-kilik.

Kalau anda mengalami tenggorokan gatal dan batuk, silakan mencoba resep ini. Ini adalah resep orangtua zaman dulu, tapi tetap manjur. Sejenak kita lupakan obat-obatan kimia yang beredar di pasaran. Karena jika kita selalu bergantung pada obat-obatan kimia, efeknya tidak baik. Tubuh akan menderita ketergantungan. Bahkan jika terlalu sering mengonsumsi, obat itu tidak akan berkhasiat lagi. Untuk itu kita gunakan cara alami.

Resep alami untuk mengobati tenggorokan gatal dan batuk adalah menggunakan rempah-rempah, seperti kunyit, jahe dan kencur. Sangat baik juga menggunakan obat herbal seperti madu dan minyak zaitun.

Cara Pengobatan
1. Membuat ramuan.
Ambil kunyit, jahe dan kencur masing-masing seruas ibu jari, lalu kupas dan cuci. Potong kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam panci dan beri air 3/4 liter. Rebus rempah-rempah tadi dalam api kecil beberapa lama hingga air tertinggal kira-kira setengahnya. Setelah itu angkat dan diamkan hingga dingin.

2. Tambahkan madu dan air perasan jeruk nipis.
Ambil ramuan sebanyak setengah gelas, lalu tambahkan madu dan air perasan jeruk nipis. Jika tidak ada jeruk nipis, tambahkan madu sebanyak satu sendok makan. Madu bermanfaat untuk memberi rasa manis dan juga menambah khasiat ramuan, karena madu juga bisa mengobati batuk. Minumlah ramuan tadi secara rutin 3 kali sehari sebelum makan.

Rempah-rempah yang sudah direbus tadi bisa direbus lagi keesokan harinya, dan air rebusannya bisa diminum lagi seperti biasa. Jika air rebusan sudah berwarna bening, gantilah rempah-rempah yang baru dan juga air yang baru, lalu rebus seperti cara di atas.

Sebaiknya lakukan pengobatan ini selama 3 hari atau lebih. Jangan lupa untuk selalu minum air hangat selama masa pengobatan. Biasanya di hari ke-2 sudah ada perubahannya.

Untuk pencegahan agar tidak mudah terkena batuk atau tenggorokan gatal, minumlah setengah sendok makan minyak zaitun (extra virgin olive oil) setiap pagi sebelum makan.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar