Tips Memilih Perusahaan untuk Investasi Saham

Memilih perusahaan untuk investasi saham perlu kehati-hatian. Tidak sembarang perusahaan bisa dipilih tanpa pertimbangan. Karena kita berinvestasi bukan sekedar membeli saham lalu menjual kembali saat harga naik, tapi benar-benar ingin mendapatkan keuntungan dari perusahaan.

Kita perlu mencari perusahaan yang aman, stabil dan ada peningkatan laba setiap tahun. Perusahaan tersebut juga harus sehat, tidak ada tanda-tanda akan bangkrut. Lebih baik lagi kalau perusahaan tersebut sudah puluhan tahun berdiri, dikenal dari generasi ke generasi, sehingga investasi saham yang kita miliki bisa diwariskan ke anak cucu.

Berikut tips memilih perusahaan untuk investasi saham:

1. Memilih perusahaan yang memiliki prospek
Tidak masalah jika perusahaan itu baru berjalan. Jika ada prospek bagus ke depannya, bolehlah kita ambil bagian. Jika perusahaan itu sudah lama berdiri, kita juga perlu tahu bagaimana perkembangan perusahaan itu dari tahun ke tahun.

2. Memilih perusahaan yang produknya dikenal baik dan luas
Perusahaan yang memproduksi barang-barang kebutuhan orang, memiliki ketenaran, semua orang mengenalnya dengan baik termasuk kita, tentunya itu lebih bisa dipercaya. Jika perusahaan tersebut bergerak di bidang jasa, layanannya harus bagus dan kita sendiri merasakan kualitas layanannya.

3. Memilih perusahaan yang memiliki keunggulan
Perusahaan dengan produk yang bagus dan punya ciri khas, itu lebih diprioritaskan. Produk tersebut tentunya tidak hanya mengikuti trend produk dari perusahaan lain, tapi juga mempunyai produk yang bisa diandalkan dan unggul bila dibandingkan dengan produk lain.

4. Memilih perusahaan yang memiliki harga saham murah
Mulailah berinvestasi di perusahaan yang menjual saham dengan harga murah. Harga saham ini diharapkan ada peningkatan terus seiring dengan kemajuan perusahaan. Bila harga saham senantiasa naik dari waktu ke waktu, menandakan perusahaan tersebut ada kemajuan. Jika tidak, kita bisa beralih ke perusahaan lain.

Tips di atas lebih ditujukan untuk investasi saham jangka panjang.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar