Investasi Saham Syariah yang Menggiurkan

Saham syariah merupakan bentuk kegiatan investasi berupa penyertaan modal ke suatu perusahaan, dimana perusahaan tersebut tidak memiliki kegiatan bisnis yang melanggar prinsip syariah.

Transaksi saham adalah sesuatu yang halal jika memang digunakan untuk investasi dan bukan untuk kegiatan spekulasi.

Keuntungan yang diperoleh dari investasi saham disebut dividen. Besarnya dividen tergantung dari laba yang didapat perusahaan, kemudian dibagi pada semua investor. Terkadang dividen dari investasi saham syariah ini melebihi keuntungan deposito syariah.

Ada 2 jenis investasi saham yang dikenal:

1. Investasi jangka pendek
Investasi jenis ini mendapat keuntungan dari selisih harga jual dikurangi harga beli. Investor yang menjalankan investasi tipe ini biasanya membeli saham di saat harga rendah, lalu menjual kembali di saat harga saham naik. Untuk tipe ini spekulan senantiasa memantau perkembangan harga saham yang fluktuatif setiap hari.

2. Investasi jangka panjang
Investasi ini bertujuan untuk benar-benar berinvestasi dengan mendapat keuntungan dari perusahaan dalam jangka waktu lama. Inilah investasi saham yang paling aman, tidak memerlukan tenaga ekstra, karena kita tinggal duduk diam menunggu keuntungan yang mengalir dari perusahaan. Tapi kita perlu modal agak banyak, supaya keuntungannya juga lebih terasa.

Modal awal untuk ikut investasi saham syariah sangat ringan. Sekarang hanya dengan modal 1 juta Rupiah sudah bisa ikut investasi saham syariah. Pembelian saham juga tidak harus banyak, minimal 1 lot (100 lembar) saham.

Cara membuka akun di perusahaan sekuritas
Untuk dapat mengikuti investasi saham syariah, kita harus membuka akun pada pialang atau broker saham. Pialang ini disebut juga perusahaan sekuritas.

Ada 3 nama pialang atau broker saham yang terbaik di Indonesia. Ketiga perusahaan ini sudah tersedia produk investasi saham syariah, yaitu:

1. BNI Sekuritas
2. Mandiri Sekuritas
3. Panin Sekuritas

Cara membuka akun di perusahaan sekuritas bisa dilakukan secara online maupun offline. Anda bisa mengunjungi cabang perusahaan sekuritas yang ada di dekat tempat tinggal anda, atau mendaftar secara online dengan mengunjungi website perusahaan sekuritas. Dana awal ketika mendaftar secara langsung di cabang perusahaan sekuritas adalah minimal 5 juta.

Dengan modal ringan, diharapkan setiap warga bisa ikut investasi saham. Untuk mengetahui mana perusahaan yang menjual saham syariah, anda bisa mengunjungi idx.co.id.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar