Modal Bekerja Freelance di Internet

Bekerja secara freelance di internet adalah cara termudah bagi orang yang belum memiliki pekerjaan tetap. Banyak juga para freelancer yang telah sukses. Entah itu menjadi penulis artikel, webdesigner, desainer grafis, video maker, game maker dan yang lainnya. Mereka umumnya bergabung dalam sebuah situs yang menawarkan pekerjaan mikro. Tentu mereka telah memiliki berbagai kiat untuk mendapat penghasilan dari dunia online.

Seperti kita tahu, situs-situs yang menawarkan pekerjaan mikro banyak sekali. Tidak hanya di luar negeri, tapi di dalam negeri juga sudah mulai banyak bermunculan. Sayangnya di dalam negeri pasarnya tidak begitu luas. Jadi, tidak ada salahnya kalau kita menawarkan keahlian kita ke situs-situs luar negeri yang pasarannya seluruh negara dan punya daya beli yang lebih tinggi. Insyaallah lebih banyak berhasilnya.

Sekarang apa modal bekerja freelance di internet? Kalo sobat benar-benar ingin mengikuti jejak para freelancer yang telah sukses, berikut modal yang harus dimiliki:

1. Kemampuan berbahasa Inggris
Ini sepertinya mutlak. Meskipun tidak lihai, tapi setidaknya anda paham ketika membaca tulisan dalam bahasa Inggris. Karena kebanyakan situs-situs penyedia jasa freelance di internet adalah situs-situs luar negeri yang berbahasa Inggris. Di situs e-commerce pun komunikasi antara penjual dan pembeli dilakukan dengan bahasa Inggris. Sehingga kalau anda tidak punya kemampuan dalam bahasa ini, akan menghambat pekerjaan.

2. Keahlian yang menonjol
Ini bisa bermula dari hobi atau bakat yang anda miliki, misalnya mendesain logo, membuat website, menciptakan lagu, membuat video, dll. Mulai sekarang asahlah hobi dan bakat anda itu agar mendatangkan penghasilan.

3. Kemampuan untuk me-manage diri sendiri
Anda bisa memilih sebuah karir atau peluang usaha yang lebih anda minati. Meskipun anda memiliki ketertarikan pada banyak pekerjaan, tapi tonjolkan satu bidang saja. Ini akan membuat anda fokus pada pekerjaan tersebut. Jika ingin bekerja pada dua bidang sekaligus, usahakan kedua bidang itu saling berhubungan, sehingga anda nyaman melakukannya.

4. Disiplin
Artinya anda harus meluangkan waktu setiap hari untuk menulis, membaca, mendesain atau melakukan apa saja yang sesuai dengan pekerjaan yang anda pilih. Rutinitas ini akan membuat anda memiliki jam terbang tinggi. Ingatlah bahwa semakin banyak anda berlatih dan berkreativitas, anda akan semakin lihai dan punya banyak stok untuk ditawarkan.

5. Profesional
Bidang jasa amat mementingkan keprofesionalan. Pembeli atau pemesan jasa biasanya lebih memilih penjual jasa yang betul-betul mengerti akan kemauannya dan cepat mengerjakan order. Jika pesanan tidak sesuai, penjual jasa bisa menarik karyanya tanpa memaksa.

Yuk sahabat, saatnya kita mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan dalam bidang kerja. Persiapkan keahlian kita dari sekarang.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar