Kenapa Kita Harus Shalat Tepat Waktu?

Shalat lima waktu adalah kewajiban utama seorang muslim. Amat disarankan bagi kita untuk mengerjakannya tepat waktu atau di awal waktu, karena dapat pahala yang besar. Selain itu shalat tepat waktu juga melatih kedisiplinan, melatih untuk tidak melalaikan kewajiban.

Terkadang kita lihat ada orang yang menyepelekan waktu shalat. Mereka asyik duduk di depan televisi. Waktu dengar suara azan, televisinya bukannya dimatikan, malah dibesar-besarkan volumenya, takut nggak kedengaran suara artis kesayangannya. Padahal suara azan itu mengingatkan kita untuk beristirahat sejenak dari segala aktivitas dunia dan segera beranjak untuk mengambil wudhu.

Ada banyak rahasia di balik shalat lima waktu yang berbeda-beda waktunya itu. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam bersabda:

"Seandainya orang-orang mengetahui pahala azan dan barisan (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan shalat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala shalat Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak." (HR. Bukhari).

Khalifah Usman bin Affan R.a juga berpesan:

"Orang-orang yang memelihara shalat lima waktu dan mengerjakannya tepat pada waktunya, maka insyaAllah Allah akan memuliakan orang-orang itu dengan 9 macam kemuliaan, yaitu:

1. Dicintai Allah
2. Badannya senantiasa sehat
3. Dijaga oleh malaikat
4. Diturunkan berkah untuk rumahnya
5. Mukanya kelihatan tanda orang yang saleh
6. Allah akan melembutkan hatinya
7. Dapat melalui jembatan shiratal mustaqim seperti kilat
8. Diselamatkan dari api neraka
9. Allah akan menempatkan ke dalam golongan orang-orang yang tidak takut dan bersedih."

Dari banyaknya kemuliaan yang akan didapat itulah, hendaknya kita membiasakan diri mengerjakan shalat di awal waktu. Begitu dengar azan, hentikan dulu segala aktivitas, matikan televisi dan segera ambil wudhu. Mudah-mudahan kita dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang diberi pertolongan oleh Allah. Amin.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar