Ketahui Makanan yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Sebagai muslim, tentunya kita ingin memakan makanan yang dianjurkan oleh agama, yaitu makanan yang halal dan bergizi. Kita diperintahkan untuk menjaga kesehatan. Dengan kesehatan itu kita bisa bekerja dan beribadah dengan baik. Kita dilarang mendzolimi diri sendiri, termasuk dalam hal memakan suatu makanan.

Sekarang ini produk makanan bermacam-macam. Terlebih lagi makanan kemasan yang serba instan. Berbagai olahan tersedia dan berbagai merk mencoba merebut pasar.

Tapi kita perlu tahu bahwa ada sebagian produk yang berasal dari bahan yang merusak kesehatan. Contohnya softdrink. Dalam softdrink, terdapat asam yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, akan mengganggu saluran pencernaan dan merusak lapisan usus. Minuman soda itu beracun, gula tinggi, mengandung asam. Bahkan ada salah satu merk minuman bersoda yang bahannya berasal dari ludah manusia. Apakah anda mau meminum ludah manusia?

Begitu juga dengan makanan dan minuman yang berbahan kimia. Makanan dan minuman seperti ini dampak kerusakannya tidak langsung terasa, tapi beberapa tahun kemudian. Jika bahan kimia telah mengumpul di dalam tubuh, tidak bisa keluar dan akhirnya mempengaruhi kerja organ tubuh. Tidak aneh jika orang zaman sekarang umurnya masih muda tapi sudah terkena berbagai penyakit, seperti diabetes, asam urat, jantung koroner, ubanan, dsb. Semua itu karena kurang memperhatikan makanannya.

Islam sendiri telah mengajarkan apa yang berguna bagi umat melalui Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa salam. Bagi orang muslim, selayaknya mengonsumsi makanan yang dianjurkan Islam dan telah dicontohkan oleh Nabi. Ini juga sesuai dengan yang diterangkan dalam ayat Al Qur'an berikut:

"Hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya." (QS: Abasa 80:24)

Jadi, pilihlah makanan yang benar-benar bermanfaat bagi kesehatan, dan hindari makanan yang banyak mudharat-nya bagi kesehatan. Makanan yang menyehatkan tentunya yang bergizi, halal dan lebih baik lagi kalau alami.

Makanan dan minuman alami adalah makanan dan minuman yang terbebas dari zat kimia, yaitu terhindar dari bahan pengawet, pemanis buatan, pewarna buatan dan zat kimia lain.

Memang sekarang ini susah menemukan makanan yang tidak mengandung bahan kimia. Lihat saja petani kita, mereka menanam sayuran dan buah-buahan dengan memakai pupuk kimia. Waktu dijual di supermarket, sayuran dan buah-buahan itu diawetkan lagi dengan bahan kimia. Kalau sudah begini, lebih baik kita memilih sayuran dan buah-buahan organik. Memang harganya sedikit mahal, tapi akan lebih bagus untuk kesehatan. Atau cobalah menanam sayuran dan buah-buahan sendiri di pekarangan. Back to nature, kawan.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar