6 Makanan Berkhasiat yang Dianjurkan Dalam Islam

Islam telah mengajarkan apa yang baik untuk umatnya. Ajaran itu dicontohkan oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa salam dalam hal apa pun. Demikian juga dalam hal mengonsumsi makanan yang baik.

Berikut 6 makanan berkhasiat yang dianjurkan dalam Islam dan telah dicontohkan oleh Rasulullah:

1. Madu
Kandungan dalam madu sangat baik untuk menghaluskan kulit, menyembuhkan luka, mengatasi penyakit thypus, dll. Seperti yang dituturkan dalam ayat Al Quran berikut ini:

"kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." (QS. An-Nahl: 69)

Dalam sebuah riwayat menyebutkan: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam biasa minum madu setiap hari, yaitu madu yang dicampur air. Beliau meminumnya di pagi hari ketika perut kosong."

2. Kurma
Di antara kurma yang baik adalah kurma Ajwah. Kurma Ajwah dapat menyembuhkan sakit dan penawar racun. Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa salam biasa makan kurma di permulaan pagi sebelum sarapan.

Sebuah riset di Amerika juga mengatakan bahwa kurma menyimpan hampir semua vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh manusia.

3. Anggur
Anggur disebutkan dalam Al Qur'an di surat Al Baqarah ayat 266, Al An'am ayat 99, Ar Ra'ad ayat 4, An Nahl ayat 67, Al Isra' ayat 91, Al Kahfi ayat 32, Al Mu'minun ayat 19, Yasin ayat 34, An Naba' ayat 32 dan Abasa ayat 28.

Dalam sebuah riwayat, Nabi mengatakan:
 "Kalian mempunyai kismis (anggur). Ia dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan dahak."

Anggur bisa menenangkan amarah, menajamkan syaraf, menggemukkan badan dan membuat otak lebih cerdas. Anggur hijau dan anggur merah punya khasiat sama, bisa dimanfaatkan sebagai buah, makanan, minuman dan obat.

4. Minyak Zaitun
Minyak zaitun punya kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Minyak zaitun juga berkhasiat menurunkan darah tinggi, mengatasi sembelit, mencegah rambut rontok, mencegah kanker payudara, menurunkan asma, dan banyak lagi. Rasulullah semasa hidup biasa makan roti yang dioles dengan minyak zaitun.

5. Susu kambing
Dalam kandungan susu kambing terdapat kalium yang berfungsi sebagai penstabil tekanan darah. Susu kambing juga kaya akan protein, vitamin A dan vitamin B. Khasiat susu kambing di antaranya adalah menghaluskan kulit, meningkatkan daya ingat, mengatasi penyakit asam urat dan mencegah osteoporosis. Dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing lebih unggul. Itulah kenapa Rasulullah semasa hidupnya biasa minum susu kambing dan bukan susu sapi.

6. Zam Zam
Dari Ibnu 'Abbas Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah bersabda:
"Air Zam Zam sesuai dengan niat ketika meminumnya. Bila engkau meminumnya untuk obat, semoga Allah menyembuhkanmu. Bila engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, semoga Allah menghilangkannya."

Sabda Rasulullah lagi:
"Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah Zam Zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit."

Itulah 6 makanan berkhasiat yang dianjurkan dalam Islam. Sebagai orang muslim kita hendaknya meniru cara Nabi dalam mengonsumsi makanan. Kalau sekarang kita belum terbiasa dengan jenis makanan di atas, biasakanlah mengonsumsinya meskipun tidak setiap hari. Yang penting kita berusaha menjalankan sunnah Nabi.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar