Peluang Usaha Dengan Modal Kecil

Peluang usaha dengan modal kecil pasti menjadi pilihan setiap orang. Ya, merintis usaha memang tidak selalu diawali dengan modal besar. Modal bukan sesuatu yang mutlak.

Jika kita ingin membuka usaha, sebaiknya pikirkan dulu usaha apa yang akan dirintis, jangan memikirkan modal dulu. Kalau berpikir tentang modal, selamanya kita akan merasa kalau modal kita tidak cukup dan akhirnya mandeg. Jangan pula kita gegabah meminjam modal pada bank. Mungkin saja kita bisa mendapatkannya, tapi akan direpotkan dengan urusan membayar cicilan yang pasti berbunga. Dan bila kita belum pandai memutar modal, usaha akan berhenti.

Jika kita memang harus meminjam modal, sebaiknya mempersiapkan dulu biaya untuk  mengembalikan pinjaman tersebut. Tujuannya agar bila sewaktu-waktu usaha gagal, kita bisa mengembalikannya.

Bagi pemula yang sedang merintis usaha, kurang penting rasanya kalau hanya memikirkan modal. Sebab, modal berapa pun bisa digunakan. Bahkan bila tidak punya modal sama sekali, masih banyak lapangan pekerjaan tanpa modal yang bisa dilakukan.

Berikut beberapa peluang usaha dengan modal kecil:

1. Membuka jasa
Jenis usaha ini mengandalkan keterampilan dan juga alat untuk mengerjakannya. Misalnya membuka usaha salon, menjadi tukang jahit, membuka layanan service komputer, laundry, persewaan alat transportasi dan masih banyak lagi. Usaha ini berhubungan dengan  masyarakat, jadi diperlukan pelayanan yang baik. Untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan, bersikaplah transparan, mau merespon setiap keinginan dan mengerjakan order secepat mungkin.

2. Membuat produk
Ini juga didukung oleh adanya skill dan hobi. Misalnya membuat baju, membuat makanan, membuat aksesoris, dll. Bagi yang mahir bidang internet bisa membuat ebook, template, software, game, dsb. Pekerjaan-pekerjaan seperti ini bisa dilakukan dengan melihat kebutuhan pasar. Apa yang menjadi tren sekarang, itu bisa diaplikasikan ke produk yang diciptakan.

3. Memberikan pelayanan bisnis
Jenis usaha ini menyasar pada pelaku-pelaku bisnis. Pekerjaannya harus ditopang oleh keahlian tertentu. Misalnya menjadi konsultan marketing, coach, trainer, dll. Dengan makin meluasnya berbagai usaha di lingkungan sekitar, pekerjaan di bidang seperti ini akan tetap dibutuhkan oleh para pelaku usaha.

Peluang usaha dengan modal kecil memang banyak sekali jika kita mau menelusuri. Tinggal kita sendiri, mau memanfaatkannya atau tidak.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar