Cara Merubah Dokumen Word Menjadi PDF Menggunakan Software Gratis

Anda mungkin berkeinginan untuk merubah file atau dokumen menjadi PDF, entah untuk dibagikan gratis kepada pengunjung atau untuk keperluan komersial. Berikut saya berikan tutorial cara merubah dokumen Word menjadi PDF menggunakan software gratis.

1. Instal salah satu software di artikel software gratis untuk membuat file PDF. Hati-hati ada software yang tidak boleh digunakan untuk keperluan komersial. Software yang terinstal ini akan menjadi printer virtual di komputer anda.

2. Buka dokumen yang telah dibuat di Microsoft Word, bisa format DOC atau DOCX. Setelah itu klik tombol Print>>Print, maka akan keluar halaman popup untuk memilih nama printer yang akan digunakan. Klik salah satu nama printer, misal PrimoPDF. Akan muncul opsi pengaturan seperti Page range, Copies dan lain-lain. Contoh jika anda ingin mencetak halaman 1 hingga 10, maka di kotak Pages isi 1-10. Jika tidak ada yang ingin dirubah, biarkan saja default.

3. Tekan tombol OK. Maka komputer akan segera melaksanakan perintah untuk mencetak dan mengoneksikan komputer dengan PrimoPDF. Setelah terbuka aplikasinya, pilih tab eBook. Isi bagian Document Properties dengan menekan tombol Change, lalu beri judul ebook dan nama pengarang. Isi juga bagian PDF Security dengan password.

4. Tekan Create PDF. Akan keluar halaman popup untuk mengisi nama file. Isi bagian File name dengan memberi nama dokumen. Setelah itu tekan Save.

Cara merubah dokumen Word menjadi PDF menggunakan software gratis ini bisa digunakan untuk merubah dokumen lain, seperti dokumen Excel atau Power Point.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar