Manfaat Menggunakan Produk Muslim

Di negara yang mayoritas berpenduduk muslim, wajar sekali jika kita jumpai produk-produk Islami di Indonesia. Mulai dari kosmetik, obat-obatan herbal, air mineral, sampai makanan kemasan. Tapi produk dari negara-negara nonmuslim yang datang ke negara kita juga banyak. Malah mungkin lebih banyak dari produk lokal. Kita pun sudah terbiasa menggunakannya sehari-hari.

Karena sudah terbiasa, kita berasumsi bahwa barang-barang itu pasti halal dan aman. Kita tidak perduli tentang komposisi dan kemungkinan bahayanya. Pengetahuan kita yang kurang akan kandungan suatu produk, membuat kita mengabaikan hal-hal penting. Ditambah lagi belum meratanya label halal pada setiap kemasan produk. Ini menambah semrawut antara barang yang halal, syubhat dan haram.

Di Indonesia, masih sedikit produk yang berlabel halal. Kebanyakan seputar makanan. Lain dengan Malaysia yang sudah menerapkan label halal pada setiap jenis produk, entah itu vitamin, obat-obatan, kosmetik, sampai baju pun ada label halal. Ini tidak mengada-ada karena saya pernah menjumpainya sendiri.

Bicara tentang kehalalan suatu produk, sebenarnya tidak hanya dilihat dari fisik barangnya, tapi juga tata cara pengolahan dan alat-alat yang digunakan untuk mengolah. Kita ambil contoh fried chicken. Makanan ini bahan dasarnya ayam, dan ayam termasuk hewan yang halal dimakan. Tapi jika cara menyembelih dan alat yang digunakan untuk mengolah tidak sesuai syariat, termasuk haram dimakan.

Anda mungkin tidak tahu bahwa ada tempat usaha fried chicken yang memotong ayam dengan menggunakan mesin. Cara penyembelihan seperti ini tentu tidak sesuai syariat. Anehnya, kita tidak perduli dengan semua itu. Kita makan-makan saja, tanpa memikirkan apa yang telah masuk ke perut.

Contoh lagi di dalam makanan kemasan. Terkadang kita tidak tahu apa yang terkandung dalam makanan kemasan. Terlebih istilah-istilah yang tertulis dalam pembungkusnya menggunakan bahasa asing. Ini menambah ketidakpedulian kita. Tanpa kita sadari, kita telah menggunakan barang yang belum jelas kehalalannya.

Memang banyak sekali produk yang ada di pasaran dan menggoda kita untuk membelinya, apalagi kalau sudah termakan iklan bombastis. Tapi sebagai muslim, seharusnya kita memilih barang-barang yang halal dan aman. Paling baik memang menggunakan produk muslim.

Manfaat menggunakan produk muslim, tentu terjamin kehalalannya dan kemungkinan terhindar dari resiko yang membahayakan. Menggunakan produk-produk halal, hati menjadi nyaman dan tenang.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar