Kiat Belajar Membaca Al Qur'an

Seorang muslim disarankan untuk bisa membaca Al Qur'an. Dengan begitu ia akan tahu isi Al Qur'an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi orang awam, kebanyakan hanya melakukan kewajiban shalat dan puasa Ramadhan, tanpa mau menambah amalan-amalan lain. Padahal Allah memerintahkan kita untuk banyak beribadah, mengumpulkan pahala dan memupuk kebaikan. Salah satunya adalah dengan membaca Al Qur'an.

Mau tahu berapa pahala membaca Al Qur'an? Ibnu Mas'ud berkata, bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam bersabda: "Siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah (Al Qur'an), ia akan mendapatkan satu kebaikan yang nilainya sama dengan 10 kali ganjaran (pahala). Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf." (HR At-Tirmidzi).

Jadi, jikalau dalam sehari kita membaca satu ayat, misalnya alif lam mim sampai 100x, pahalanya insyaallah 3000 kebaikan. Bayangkan jika kita mau membaca satu surat sehari atau bahkan 1 juz sehari, sudah berapa ribu kebaikan yang kita dapatkan? Mungkin kita sendiri tidak mampu menghitungnya, hanya Allah yang maha tahu.

Karena besarnya pahala itulah seharusnya kita mau belajar membaca Al Qur'an selagi muda. Jangan menunggu tua, yang mana lidah jadi alot dan kaku. Kalau umur sudah tua, akan sulit mempelajari segala sesuatu. Tetapi tidak ada larangan juga untuk belajar membaca Al Qur'an ketika usia tua. Karena belajar itu tidak memandang usia, terlebih mempelajari ilmu agama, utamanya Al Qur'an.

Kiat-kiat berikut ini mungkin lebih memudahkan kita dalam belajar membaca Al Qur'an:
1. Mendengarkan murottal Qur'an. Dengarkan ayat per ayat sambil kita ikut melafalkannya dengan memegang mushaf. Mungkin di hari-hari pertama nafas kita akan terasa ngos-ngosan atau lidah kelipet-lipet, tapi jangan menyerah. Berbuat baik tentu tidak ada kata menyerah kan?
2. Ucapkan satu ayat dalam sehari dan diulang-ulang. Kalau lidah sudah lemas, baru ke ayat berikutnya dan diulang-ulang lagi.
3. Selalu bertanya pada orang yang ahli.
4. Mendengarkan radio dan televisi yang mengajarkan cara membaca Al Qur'an.
5. Membeli buku-buku tajwid agar tahu bagaimana membaca Al Qur'an yang baik dan benar.
6. Gunakan waktu yang baik, misalnya sehabis shalat subuh hingga menjelang matahari terbit, atau sehabis maghrib hingga menjelang isya.
7. Berdoa pada Allah agar diberi kemudahan dalam membaca Al Qur'an.

Nah, selagi usia muda, gunakan waktu sebaik-baiknya untuk belajar membaca Al Qur'an.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar