Meningkatkan Keterampilan Menulis Dengan Berlatih Setiap Hari

Meningkatkan keterampilan menulis sangat perlu agar kita semakin lihai menulis. Karena keterampilan menulis adalah modal dasar bagi seseorang untuk menjadi penulis. Jika ingin menulis buku misalnya, tentu harus piawai menulis kata-kata dan kalimat agar apa yang ingin disampaikan bisa dimengerti oleh pembaca.

Bayangkan dalam menulis buku itu kita membutuhkan berlembar-lembar halaman, bisa ratusan halaman. Lembaran-lembaran itu harus diisi dengan kata-kata dan kalimat yang harus ada keterkaitan satu sama lain. Memang tidak mudah menulis kata demi kata, atau kalimat demi kalimat. Apalagi kalimat-kalimat itu tidak boleh terputus dan harus sinkron antara satu dengan yang lainnya.

Untuk meningkatkan keterampilan menulis, kita bisa berlatih menulis setiap hari. Artinya kita harus membiasakan diri menulis setiap hari. Meskipun hanya menulis beberapa kalimat, tapi itu akan lebih baik daripada tidak sama sekali.

Menulis di blog adalah salah satu contoh. Kegiatan ini telah menjadi kegiatan harian yang sangat positif. Kita bisa mencurahkan ide-ide yang kita miliki. Ide-ide itu bisa dituangkan dalam bentuk cerpen, puisi, catatan harian atau artikel ringan.

Situs jejaring sosial juga bisa digunakan untuk melatih keterampilan menulis. Entah menulis sepenggal kalimat, kutipan penting, sebaris puisi, memo, petuah atau sales letter. Apa pun yang kita tulis, sebetulnya kita telah belajar mengapresiasikan apa yang terkandung dalam hati dan pikiran.

Untuk sobat yang suka menulis, teruslah meningkatkan keterampilan menulis. Karena dari sini sobat akan memperoleh manfaat yang besar.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar