Jalan Sukses Menjadi Penulis

Banyak orang menyangsikan kalau menjadi penulis itu bisa membuat seseorang hidup layak. Banyak orang melihat profesi penulis tidak cepat menghasilkan uang dan memerlukan proses yang panjang untuk membuahkan penghasilan. Ini bisa jadi benar.

Menjadi penulis memang membutuhkan kreativitas yang tidak sedikit. Jalan untuk sukses juga membutuhkan perjuangan keras. Ada tingkatan-tingkatan yang harus dilalui.

Setiap pekerjaan atau profesi, memang selalu membutuhkan proses untuk meraih sukses, baik kedudukan maupun penghasilannya. Seorang bawahan yang bekerja di perusahaan, bisa sukses karena prestasinya. Apalagi seorang penulis, sudah tentu memerlukan kerja keras. Kenyataannya semakin keras usaha seseorang, semakin tinggi pula tingkat keberhasilannya.

Menjadi penulis tidak ubahnya seperti orang yang berbisnis atau bekerja pada umumnya. Yang perlu dilakukan adalah meningkatkan keterampilan menulis. Seorang penulis terlebih dulu harus belajar, mengalami jatuh bangun dalam berkarya, merasakan pengalaman pahit dikritik, mau melakukan riset, mau melakukan observasi, dan seabrek pengalaman lainnya. Semua itu akan menempanya menjadi penulis handal.

Apa manfaat yang bisa dipetik jika seorang penulis melalui proses itu? Tentunya akan semakin lihai menulis, akan semakin dapat menyerap trik-trik penulisan yang baik. Memang tidak ada yang instan di dunia ini. Kita harus menempuhnya secara alami.

Terkadang kita jumpai ada penulis yang menempuh jalan instan untuk menjadi penulis, yaitu dengan menjiplak. Entah menjiplak karya, menjiplak gaya bahasa, menjiplak gaya penulisan, dsb. Yang namanya menjiplak itu tidak akan bertahan lama dan tidak bisa mengembangkan kreativitas. Bisa saja kita menjiplak gaya menulis pengarang terkenal, tetapi itu hanya di saat awal-awal kita belajar menulis. Selanjutnya kita harus mempunyai gaya menulis sendiri yang disesuaikan dengan karakter. Pada akhirnya kita akan menghasilkan karya yang unik, lain daripada yang lain.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar