Bingung Memilih Peluang Usaha? Sesuaikan Dengan Kepribadian

Beragam peluang usaha ada di sekitar kita. Tapi kebanyakan kita bingung mau memilih usaha apa. Terkadang jika melihat orang lain sukses, kita ingin meniru orang tersebut. Tapi sayangnya kita tidak punya keahlian seperti dia.

Dalam memilih usaha, entah itu bergerak di bidang jasa atau membuat produk, perlu yang namanya skill atau kemampuan. Walaupun kita menjual produk, tentu diperlukan skill untuk menjual. Dengan adanya skill tersebut kita dapat bekerja secara maksimal.

Skill atau kemampuan itu memang tidak bisa diperoleh secara mendadak. Butuh waktu untuk mempelajarinya. Ada contoh orang yang tidak berhasil dalam menjalankan usaha. Alasannya mungkin tidak cocok, kurang berminat, atau terlalu banyak perhitungan, sehingga baru sebentar saja sudah bosan.

Untuk mengatasi hal-hal seperti itu kita perlu punya pilihan yang tepat kalau ingin memulai usaha. Caranya dengan mengenali diri sendiri. Mengenali diri sendiri adalah mengenali kepribadian atau karakter. Bagaimana sih kepribadian kita? Apakah kita tipe orang yang ekstrovert, suka berbicara di depan orang banyak, mudah akrab dengan siapa saja? Atau seorang yang introvert, lebih suka diam, banyak berpikir dan tidak menyukai keramaian?

Selain melihat kepribadian, juga minat. Apa yang menjadi minat kita selama ini? Mungkin juga apa passion yang kita miliki? Pertanyaan-pertanyaan itu sangat membantu kita dalam menemukan jenis usaha yang cocok. Contohnya jika kita suka mengoleksi sepatu, lagi suka dengan keramaian dan mudah bergaul, mungkin kita lebih cocok jadi reseller sepatu. Sebaliknya, kalau suka dengan seni kreatif, suka melukis, suka bekerja sendiri, mungkin kita lebih cocok jadi pelukis sepatu. Sekarang tinggal bagaimana kita menggali kemampuan itu dan memperkenalkannya pada masyarakat.

Minat memang berperanan penting. Jangan paksakan diri untuk menekuni suatu usaha jika kita sendiri tidak meminatinya. Menjalankan usaha yang tidak sesuai dengan minat dan kepribadian, lebih sulit menjalankannya. Sebaliknya, jika berminat, akan lebih mudah dan tahu bagaimana mengatasi persoalan.

Untuk menambah lagi pengetahuan, kita bisa belajar dari orang yang punya bidang usaha yang sama dengan minat kita. Jadi, tips di atas bisa dijadikan alternatif kalau kita masih kesulitan dalam memilih peluang usaha.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar