Cara Membuat File PDF atau Ebook PDF Menggunakan Microsoft Word

Membuat file PDF atau ebook PDF ternyata sangat senang menggunakan Microsoft Word. Tetapi jika menggunakan aplikasi ini, kita tidak bisa memproteksi dengan password, entah password untuk membuka atau mengedit. Lain halnya jika menggunakan software tertentu, kita bisa memproteksi file. Tetapi kabarnya untuk Word 2013 sudah ada fasilitas untuk memproteksi dengan memasukkan password.

Cara meng-generate file Word menjadi file PDF, pertama kita harus menginstal add-in dengan mengunjungi website Microsoft. Pada saat membuka aplikasi Word, pastikan dalam keadaan terhubung ke internet. Setelah terbuka aplikasinya, klik menu Word Help di toolbar sebelah kanan atas. Ikonnya bergambar tanda tanya. Klik menu File Management, lalu klik Save a file in PDF format. Di sana ada informasi untuk menginstal add-in yang disediakan oleh Microsoft. Klik link Enable support for other file formats, such as PDF and XPS. Akan terbuka informasinya dan klik link Install and use the Publish as PDF or XPS add-in from Microsoft. Ikuti saja petunjuknya dengan mengklik link untuk mengunjungi website Microsoft. Selanjutnya kita bisa mengikuti instruksi untuk menginstal add-in.

Setelah add-in terinstal, kita bisa langsung merubah file Word menjadi PDF. Caranya buka file Word, lalu klik Office Button. Klik Save As dan pilih PDF or XPS. Akan terbuka layar baru, kita bisa langsung klik Publish. Tapi jika ingin meng-generate file dalam beberapa halaman saja, bisa klik Options. Isi Page range dengan menandai button Page(s). Isikan mulai dari halaman berapa hingga halaman berapa. Setelah itu tekan OK. Selanjutnya isi File name dengan nama sesuai keinginan. Pada Save as type pilih PDF. Untuk hasil terbaik, pada bagian Optimize for, pilihlah Standard (publishing online and printing). Setelah itu tekan Publish. Maka jadilah file PDF yang kita inginkan.

Untuk pengguna Word 2013, jika ingin memproteksi file, pada Options box centanglah Encrypt the Document with a Password, lalu masukkan password sebanyak dua kali. Setelah itu klik OK.

O ya, jika telah menginstal add-in untuk membuat file PDF ini, semua program dari Microsoft Office bisa meng-generate file menjadi PDF, seperti Power Point, Microsoft Publisher, Excel, dan lain-lain yang masih satu paket dengan Microsoft Office.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar