Tips Menjaga Minat Menulis

Untuk sahabat yang hobi menulis, bagaimana sih caranya agar kita bisa terus menjaga minat menulis? Memang menjaga minat itu gampang-gampang susah. Karena jika kita sendiri tidak mau memupuknya, minat itu bisa hilang. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat menulis bisa hilang. Di antaranya lingkungan yang tidak mendukung. Terutama jika keluarga kita sendiri tidak memberi ruang untuk berkreativitas. Selain itu juga kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari bisa berpengaruh terhadap naik turunnya minat.

Jika sahabat benar-benar ingin menjaga minat menulis, cobalah tips berikut:

1. Baca buku sesuai minat
Membaca memang aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan kalau kita ingin tahu segala hal yang ada di dunia ini. Membaca buku terutama, bisa merangsang pikiran untuk menemukan inspirasi dan juga menumbuhkan kesukaan menulis. Tentunya buku yang dibaca dipilih sesuai minat. Jangan sembarang buku dibaca semua. Tapi tidak ada larangan kalau ingin membaca buku yang mengandung pengetahuan baru.

2. Mengunjungi perpustakaan
Jika ada perpustakaan di daerah, disarankan untuk mendatanginya. Di sekolah, di kampus atau di mana saja jika terdapat perpustakaan, kita bisa nebeng cari ilmu di sana.

3. Menghadiri ceramah kepenulisan
Menghadiri ceramah kepenulisan juga sangat bagus. Tidak sedikit dalam ceramah itu hadir pula para penulis terkenal dan mereka akan membagikan ilmunya. Kita bisa belajar dari penulis terkenal tersebut dan sekaligus mengetahui trik-trik menulis yang baik.

4. Berpartisipasi dalam lomba menulis
Berpartisipasi dalam lomba menulis juga sangat baik. Tidak perduli bagaimana kualitas tulisan kita, yang penting ikut. Seandainya tulisan tidak menang, kita tidak perlu berkecil hati dan tidak perlu membuang tulisan-tulisan itu, tapi menyimpannya. Suatu saat kita bisa membenahi dan mengirimkannya ke sebuah media.

5. Berteman dengan orang yang suka menulis
Berteman dengan orang yang suka menulis juga merupakan cara yang baik untuk menjaga minat menulis. Kita bisa bergabung dengan salah satu komunitas. Ini akan membuat kita lebih bersemangat dan termotivasi.

Ternyata banyak sekali kan yang bisa dilakukan untuk menjaga minat menulis? Pupuklah minat itu agar terus berkembang dan mencapai hasilnya.
Posted by: Cahaya Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar