Ingin Lancar Menulis? Berpuasalah

Puasa ternyata mempunyai banyak sekali manfaat. Selain menambah ketakwaan dan keimanan, puasa juga memiliki manfaat yang nyata dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh untuk meningkatkan kesehatan, kreativitas dan produktivitas dalam bekerja.

Bagaimana bisa? Bukankah puasa itu harus menahan lapar dan minum, yang berarti juga energi manusia bisa berkurang kalau puasa? Tapi kenapa malah bisa meningkatkan produktivitas?

Jangan heran dulu ya. Banyak sekali bukti kalau puasa itu bisa meningkatkan produktivitas. Salah satunya adalah ketika kita menulis.

Biasanya ketika menulis, kita tersendat-sendat atau tidak bisa menyelesaikan karya tulis kita dalam waktu yang singkat. Terlebih jika kita menulis buku atau novel. Sedangkan kita tidak bisa terburu-buru untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kendala menulis juga pasti ada, yaitu malas. Untuk itu dibutuhkan satu cara untuk meningkatkan semangat atau gairah dalam menulis, yaitu dengan berpuasa.

Dengan berpuasa, kita terhindar dari kemalasan. Mau bukti? Saya sering merasakan hal ini berkali-kali. Jika di hari biasa, saya bisa menulis antara 4 hingga 5 halaman kuarto, tapi ketika berpuasa, malah bisa menulis lebih banyak lagi, yaitu sekitar 10 halaman. Itu pun di waktu pagi. Sorenya saya bisa melanjutkan lagi menulis sampai 5 halaman. Dan semua ini saya rasakan ketika sedang berpuasa.

Kelihatannya memang aneh. Tapi itulah kenyataan. Mungkin itu yang dinamakan keberkahan dari puasa. Jadi kalau ada yang menganggap bahwa berpuasa itu menjadikan orang malas, itu tidak betul.

Memang dalam berpuasa, entah itu wajib atau sunah, niat kita semata-mata untuk beribadah kepada Allah dan untuk menggapai akhirat. Itu tujuan yang paling mendasar. Tetapi jika kita merasakan adanya peningkatan kesehatan, peningkatan produktivitas, itu adalah bonus yang kita dapatkan di dunia.
Posted by: Cahaya Inspirasi

2 komentar pada "Ingin Lancar Menulis? Berpuasalah":